Cara membentuk Six Pack

Six Pack
Biasanya ada dua macam keinginan orang tentang mengencangkan otot perut, satu ingin membentuk perutnya saja sehingga terlihat sixpack yang kedua ingin perut datar saja tapi memiliki otot perut yang sangat kuat. Orang yg memiliki bentuk sixpack belum tentu memiliki otot perut yang kuat, mungkin keras iya tapi tidak untuk dikatakan kuat.

Sit up memang adalah cara yang baik membentuk perut tanpa peralatan tapi tahapan pun penting karena tidak setiap orang kuat melakukan situp sebanyak 20 langsung apalagi dikali beberapa kali, sebaiknya pemula melakukan peregangan dulu ketika bangun tidur baru sit up itupun dimulai dengan misalnya 5 kali lalu setelah tiga hari baru 8 atau 10 kali. Ingat untuk jangan pernah memaksakan otot anda, otot bila terluka atau sobek maka akan lama untuk menyembuhkannya. Kebanyakan pemula yg melakukan sit up berlebih dari porsi seharusnya malahan mendapat otot perut yang kendor dan malah terlihat seperti buncit dan akan sulit mendapat sixpack dambaannya.

Ada 2 macam sit up:
1. Sit up pemanasan : yaitu sit up yg dilakukan tanpa aturan napas, cepat dan hanya berfungsi mengencangkan otot luar, biasanya untuk memperindah tubuh dengan bentuk sixpack.
2. Sit up otot dalam : yaitu sit up dengan aturan dan ritme napas yg berfungsi mengencangkan otot dalam dan organ tubuh bagian dalam. biasanya untuk olah raga keras seperti thai box, kateda, free fighting dan yang paling utama untuk kesehatan. memperkuat organ dan daya tahan sexual dan lainnya.

Langkah-langkah membentuk six pack :

1. Sit Up setiap bangun tidur dan sebelum tidur @ 20 x 6

2. Push up setiap bangun tidur dan sebelum tidur @ 20 x 6 (buat membentuk dada, sama aja kan klo six pack tapi dada ga kebentuk)

Sit up untuk otot dalam memiliki gerakan yang sama dengan sit up biasa hanya saja di iringi dengan aturan ritme napas yang teratur, dengan adanya aturan napas ini bukan hanya otot perut dalam saja yang kuat tapi juga punggung & rusuk. caranya mudah saja.

Lakukan sikap mulai sit up seperti biasa, terlentang letakan tangan di belakang kepala dan tenangkan pikiran. Atur napas sehingga pada saat menarik napas adalah 7 hitungan lalu tahan selama 2 detik dengan perut di tarik kedalam sedikit setelah itu buang selama 7 hitungan.

Setelah napas teratur maka tarik napas 7 hitungan lalu tahan setelah itu naik perlahan sehingga mencium lutut (bila mampu) lalu kembali terlentang perlahan setelah benar benar terlentang baru buang napas 7 hitungan, lakukan hal ini 5 kali untuk pertama mencoba. Lalu jumlah sit up diperbanyak sesuai kemampuan. Tapi ingat selama tarik dan buang napas harus benar-benar 7 hitungan karena efeknya bila tidak teratur akan sedikit pusing.

Setelah itu lakukan sit up leg rise (posisi V) dengan aturan napas yg sama. Belajarlah menahan napas dengan baik dengan hitungan tadi dalam keadaan bersila mengahadap kaca sehingga anda tahu bahwa otot leher anda tidak tegang dan usahakan selama menahan napas anda dapat berbicara seperti biasa.

Selamat mencoba!

~ by angga6688 on August 13, 2009.

4 Responses to “Cara membentuk Six Pack”

  1. wahh…thanks yah atas infonya aku dah coba yang sit up bagian kedua ternyata bener otot perut bagian dalam terasa keras jadi klo pengen kliatan six pack di otot bagian luar…coz aku dah latihan sit up 13 menit tapi belum kliatan otot perut bagian luarnya…

  2. Thx’s info brhrga’a bos, jd slm ini sit up yg sy lakukan slh total, pantesan mlh jd kliatan buncit

  3. waw… Thanks atas tipsnya

  4. Kenapa saya Sit up ajj smpe 200x gk ad hasil2 nya ? Perut ttp keliatan bundar, diet uda ~__~” gmn ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: