Selayang Pandang Mengenai IMS (Infeksi Menular Seksual)

Apakah IMS itu ?

IMS adalah infeksi menular seksual yang akan ditularkan dari seseorang kepada orang lain dimana jalur utamanya adalah melalui hubungan seksual

Apakah ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan jika terkena IMS ?

Jika seorang perempuan terkena IMS, perempuan tersebut akan lebih tidak menunjukkan gejala jika dibandingkan dengan laki-laki. Diperkirakan sekitar 80-85% perempuan dengan IMS tidak akan menunjukkan gejala apapun. Gejala keputihan yang sering muncul pada perempuan merupakan hal biasa yang juga dipengaruhi oleh faktor lain (hormon dan lingkungan). Sehingga perempuan cenderung tidak akan mengobati infeksinya karena tidak ada gejala. Hal ini disebabkan karena alat reproduksi perempuan yang cukup luas jika dibandingkan dengan laki-laki. Pada pria alat reproduksi bermuara menjadi satu dengan alat berkemih. Sehingga ketika ada keluha dengan organ seksual otomatis akan menimbulkan keluhan jika berkemih.

Apa hubungan antara HIV dan IMS ?

IMS akan meningkatkan resiko seseorang terkena HIV dari hubungan seksual menjadi 2-10 kali lipatnya. Jika seseorang terkena IMS, maka pada kulit/mukosa permukaan organ reproduksi/seksual nya akan terdapat infeksi. Dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan inflamasi atau proses peradangan. Jika terjadi peradangan maka akan banyak sekali sel darah putih yang berkumpul di permukaan. Sel darah putih sendiri sangat disukai oleh virus HIV. HIV akan segera berlekatan dengan sel-sel darah putih, sehingga proses masuknya virus HIV dalam tubuh manusia dipercepat. Itulah mengapa salah satu cara untuk memutuskan penyebaran HIV adalah dengan memutuskan mata rantai penyebaran IMS.

Apakah IMS bisa disembuhkan?

Sebagian besar IMS bisa disembuhkan. Namun ada beberapa IMS yan tidak bisa disembuhkan dan menimbulkan gejala berulang. IMS yang tidak bisa disembuhkan bisasanya disebabkan oleh virus, seperti – Herpes Kelamin (Herpes Simpleks) dan – Kutil Kelamin (Human Papiloma Virus). Sedangkan IMS yang bisa disembuhkan antara lain : – Gonoroe (kencing nanah) – Klamidiasis – Sifilis (Raja Singa)

Bagaimana untuk mendeteksi IMS pada perempuan yang sebagian besar tidak bergejala?

Satu-satunya cara untuk mendeteksi IMS pada perempuan adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin ke layanan-layanan kesehatan yang ada fasilitas pemeriksaan IMS. Di sana nanti akan dilakukan pemeriksaan laboratorium sederhana yang bertujuan untuk mencari jenis bakteri dan akan diberikan pengobatan yang sesuai dengan bakteri tersebut.

[Sekilas tentang IMS berdasarkan ilmu pengetahuan yang saya dapat, mohon saran dan kritik nya atas artikel ini. Saran dan kritik dapat disampaikan melalui email ataupun comment. Terima kasih.]

~ by angga6688 on July 13, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: